Terowongan Jebol di Desa Tusan Ditinjau Bupati Klungkung

  • 01 Maret 2015
  • Dibaca: 615 Pengunjung
Terowongan Jebol di Desa Tusan Ditinjau Bupati Klungkung

Setelah melakukan aktivitas di depan kantornya, Minggu (1/3) kemarin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau jebolnya terowongan irigasi di Desa Tusan. Dalam kesempatan tersebut, bupati membantu perbaikan sementara saluran irigasi tersebut melalui dana penanggulangn bencana yang ada di APBD Klungkung.
Berdasarkan keterangan salah seorang petani setempat, Wayan Edik Arianta menyebutkan, akibat derasnya hujan pada Kamis (26/2) lalu mengakibatkan saluran terowongan yang berada di bawah Pura Dalem Kayu Putih Desa Tusan  ini jebol,
Adapun kerusakan yang dialami pada terowongan tersebut berdiameter 6×6 meter, dengan ketinggian 7 meter di atas sungai. Dengan kerusakan yang terjadi, praktis saluran irigasi yang melewati Subak Dlod Banjarangkan dan Subak Tulikup tertutup.
Kondisi tersebut ungkap Edik Arianta mengakibatkan petani kesulitan saat melakukan penanaman sehingga berpotensi pada situasi gagal panen. Adapun areal sawah yang ada di Subak Dlod Banjarangakan mencapai sekitar 244 Hekta.
Edik Arianta pun berharap, pemerintah memberikan bantuannya secara optimal mengingat, jebolnya terowongan irigasi yang merupakan satu-satunya sumber pengairan  di wilayah tersebut membawa dampak yang signifikan bagi masa tanam di subak ini.
Sementara itu, dalam wawancaranya kemarin, Bupati Suwirta menyebutkan, saluran yang rusak tersebut merupakan aliran primer sehingga perlu koordinasi dengan pemerintah provinsi.
Meski demikian lanjut Suwirtta, agar peristiwa ini tidak menghambat proses tanam di areal tersebut, pihaknya akan melakukan perbaikan yang bersifat sementara.”Tetapi penanggulangan sementara seperti usul petani, bisa kami akan bantu dari dana penanggulangan bencana. Karena untuk penanggulangan permanen perlu kajian yang matang karena medannya yang tidak bersahabat agar apa yang dibuat itu hanya untuk sementara saja, jadi harapannya bisa digunakan dalam waktu yang lama dan lebih permanen,”tegasnya

  • 01 Maret 2015
  • Dibaca: 615 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita